Selama Ramadhan, Warga Pekanbaru Konsumsi 1.746 Ton Bawang Merah dan 447 Ton Cabai 

Selama Ramadhan, Warga Pekanbaru Konsumsi 1.746 Ton Bawang Merah dan 447 Ton Cabai 
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Selama bulan suci ramadhan 1439 H, kebutuhan bawang merah di Kota Pekanbaru mencapai 1.746 ton dan cabai merah 447 ton. Hanya saja, Pekanbaru baru mampu memenuhi 30 persen untuk bawang, cabai merah 70 persen.

Informasi tersebut diungkapkan langsung oleh Sekretaris Dinas Pertanian dan Petenakan (Distanak) Kota Pekanbaru, drh Firdaus. Kebutuhan pangan penduduk Kota Pekanbaru  saat ini masih tergantung dari daerah Sumatera Utara (Sumut) dan Sumatera Barat (Sumbar).

"Bila terjadi keterlambatan pasokan dari dua daerah tersebut harga pangan seperti cabai, bawang merah, dan jenis sayuran lainnya mengalami peningkatan harga," kata Fidaus.

Ia menjelaskan, jenis cabai merah yang dihasilkan petani Pekanbaru tidak jauh beda dengan daerah lain. Sehingga ada anggapan semua cabai yang diperjualbelikan pada pasar tradisional dipasok dari luar.

Untuk meningkatkan produksi cabai merah ke depan menuju sentra penghasil. Maka pihaknya akan mendorong peningkatan produksi. Dengan cara menambah lahan pertanian cabai.

"Sejak tahun 2015 kami membantu bibit bagi petani guna mendorong para petaninya agar menanam cabai merah dan bawang merah dengan luasan tanaman bawang merah 22 hektare dan cabe merah 18 hektare. Ini kami ingin pekanbaru bisa lebih mandiri dalam segi pertanian. Dan dana dari APBN melalui Kementerian Pertanian tahun 2015 lalu," bebernya. (R05/Kominfo)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index